Uncategorized

LABORATORIUM KESEHATAN SLEMAN TERAKREDITASI SNI ISO/IEC 17025: 2008

IMG-20170831-WA0030
Laboratorium Kesehatan Sleman adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang fokus bergerak dalam pelayanan pemeriksaan bidang Mikrobiologi, Kimia Lingkungan dan Patologi Klinik. Dalam perkembangannya, keberadaan Laboratorium Kesehatan Sleman sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, demi mencapai Visi “Mewujudkan Laboratorium Kesehatan Kabupaten Sleman yang Handal” maka dipandang perlu memberikan output kualitas pelayanan yang semakin cepat, akurat dan terpercaya.
Di kalangan praktisi laboratorium ISO/IEC 17025 merupakan standar yang sangat populer. ISO/IEC 17025 adalah sebuah standar yang diakui secara internasional dan pengakuan formal kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi, digunakan secara luas sebagai persyaratan diterimanya hasil pengujian dan hasil kalibrasi yang diperlukan oleh berbagai pihak di dunia. Penerapan standar ini harus melalui proses akreditasi.
Satu-satunya lembaga akreditasi di Indonesia yang berwenang melakukan akreditasi adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN). KAN adalah lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan akreditasi terhadap laboratorium dan badan sertifikasi. Sertifikat untuk laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang dikeluarkan oleh KAN sudah diakui oleh negara-negara kawasan Asia Pasifik karena sudah mempunyai perjanjian saling pengakuan (Mutual Recognition Agreements).
Berdasarkan hal tersebut maka Laboratorium Kesehatan Sleman berkomitmen melakukan akreditasi sebagai Laboratorium Penguji melalui KAN. Parameter yang menjadi ruang lingkup akreditasi adalah:
• Mikrobiologi:
1. MPN Coliform, dan
2. MPN E. coli
• Kimia Lingkungan:
1. Suhu,
2. pH,
3. Clorida (Cl ),
4. Sulfat (SO42-),
5. Mangan (Mn)
6. Besi (Fe-), dan
7. Nitrit (NO2)
Sebelum melakukan proses pendaftaran, terlebih dahulu Laboratorium Kesehatan Sleman melakukan implementasi dokumen selama 3 (tiga) bulan. Setelah melakukan proses pendaftaran, assessment (penilaian) oleh KAN dijadwalkan selama dua hari pada tanggal 5-6 Desember 2016 dengan asesor Ibu Rosmawati Peranginangin dan Ibu Miesye Resmiani.
Kemudian diberikan waktu tiga bulan untuk melakukan perbaikan atas hasil temuan assesmen sebelum akhirnya dikirimkan ke KAN. Setelah tim asesor melakukan verifikasi maka hasilnya dipresentasikan di depan panitia teknik KAN yang beranggotakan para stakeholder Badan Standarisasi Nasional (BSN), baik dari kalangan industri dan instansi pemerintah yang independen. Jika dirasa telah memenuhi maka Pantia Teknik memberikan rekomendasi ke Sekjen KAN untuk memberikan status akreditasi.
Hingga pada tanggal 26 Juli 2017 Sertifikat Akreditasi akhirnya diberikan kepada UPT Laboratorium Kesehatan Sleman yang telah dianggap kompeten sebagai Laboratorium Penguji dan menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025: 2008 (ISO/IEC 17025: 2005) Persyaratan Umum Untuk Kompetensi Laborataorium Pengujian dan Laborataorium Kalibrasi dengan ruang lingkup sesuai parameter yang diajukuan. Sertifikat Akreditasi ini berlaku sampai tanggal 25 Juli 2021.
Atas hal tersebut maka Laboratorium Kesehetan Sleman diberikan hak untuk menggunakan logo KAN pada Laporan Hasil Uji (LHU) yang diterbitkan.

Daftar Pustaka:
www.kan.or.id
www.bikasolusi.co.id
www.lansida.blogspot.co.id
www.ugm.ac.id