berita

Pelayanan Laboratorium Klinik

Kesehatan adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia agar manusia dapat berkarya dengan optimal. Dalam rangka menunjang Upaya Kesehatan Perorangan  (UKP), mencakup upaya preventive terhadap penyakit menular maupun tidak menular, pemeriksaan penunjang diagnostik, pemeriksaan penunjang selama pengobatan, dan pemulihan, serta follow up suatu penyakit maka UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Sleman memberikan Pelayanan Laboratorium Klinik meliputi pemeriksaan-pemeriksaan seperti :

  • ¬†Hematologi : Hemoglobin, hematokrit, jumlah eritrosit, jumlah leukosit, jumlah trombosit, hitung jenis leukosit, LED, masa perdarahan dan masa pembekuan.
  • Kimia klinik : Glukosa, asam urat, cholesterol total, HDL,LDL, trigliserid, ureum kreatinin, SGOT,SGPT.
  • Mikrobiologi dan parasitologi : BTA, malaria.
  • Imunologi : Tes kehamilan, golongan darah, widal, HbS
  • Urinalisa : Makroskopis (warna, kejernihan, bau, volume), pH, berat jenis, protein, glukosa, bilirubin, urobilinogen, keton, nitrit, leukosit, eritrosit, dan mikroskopis (sedimen urin).
  • Parasitologi: Faeses rutin (makroskopis dan mikroskopis)
  • Patologi klinik: Usap tangan, rectal swab.

 

Pemeriksaan dengan menggunakan metode manual, semi automatic, dan automatic.

 

Jumlah sampel laboratorium klinik

Jumlah sampel di unit pelayanan laboratorium klinik di UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada tahun 2018 sebanyak 972 sampel. Jumlah sampel laboratorium klinik per bulan di tahun 2018 dapat dilihat  pada grafik :

 

Jumlah Sampel Laboratorium Klinik Per Bulan
UPTD Laboratorium Kabupaten Sleman Tahun 2018

 

Pelayanan konseling hasil laboratorium

Pelayanan konseling pelanggan adalah kegiatan untuk membantu pasien/pelanggan dalam memperoleh informasi tentang masalah kesehatan yang berhubungan dengan hasil pemeriksaan laboratorium klinik , sehingga pasien/pelanggan dapat memahami adanya resiko kesehatan dalam dirinya untuk menghadapi masalah kesehatan dan dapat meningkatkan perilaku hidup sehat.

Pelayanan konseling meliputi :

  1. Pelayanan pasien yang menderita penyakit atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko penyakit tidak menular ataupun penyakit menular.
  2. Pelayanan pasien untuk berkonsultasi masalah kesehatan perorangan sehubungan dengan perlunya pemeriksaan rutin /check up kesehatan melalui pemeriksaan laboratorium klinik