GAMBARAN UMUM

 

UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada awalnya merupakan Laboratorium Pengawasan Kualitas Air ,  didirikan untuk menunjang program Pengawasan Kualitas Air di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman berdasarkan  Peraturan Bupati Sleman No.18 tahun 1996 tentang Pengawasan Kualitas Air .

Kemudian pada tahun 2009 Laboratorium Pengawasan Kualitas Air menjadi Unit Pelaksana Teknis  berdasarkan Peraturan Bupati Sleman. No.54  tentang  Pembentukan UPT Laboratorim Kesehatan.  Pada tahun  2013 UPT Laboratorim Kesehatan telah menerapkan sistem pengelolaan keuangan BLUD penuh.

Di tahun 2016  UPT Laboratorim Kesehatan telah menerapkan standar mutu  ISO/IEC 17025:2008 serta terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional pada tanggal  26 Juli 2016. Pada Tahun 2017 telah menerapkan standar mutu ISO/IEC 17025:2017 (surveillance Februari 2017).

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan  RI No.1267 tahun 2004 tentang Standar Pelayanan Laboratorium Kesehatan bahwa laboratorium kesehatan berperan dalam Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) serta  sebagai laboratorium rujukan. Untuk mendukung Keputusan Menteri Kesehatan tersebut Kabupaten Sleman  membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan melalui  Peraturan Bupati Sleman No 38.1 tahun 2018. UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Sleman dibentuk sebagai UPTD pelaksana teknis daerah pada Dinas Kesehatan dan merupakan UPTD kelas A, yang dibentuk untuk melaksanakan tugas di bidang pelayanan laboratorium kesehatan di Kabupaten Sleman yang bertujuan :

  1. Menunjang Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang mencakup upaya pemeliharaan kesehatan, pemberantasan penyakit menular, pengendalian penyakit tidak menular, penyehatan lingkungan, pengamanan penggunaan zat berbahaya dalam makanan dan minuman.
  2. Menunjang Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), yang mencakup upaya preventive terhadap penyakit menular maupun tidak menular, pemeriksaan penunjang diagnostik, pemeriksaan penunjang selama pengobatan, dan pemulihan , serta follow up suatu penyakit.
  3. Menunjang dalam upaya Pengawasan kualitas air yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman merupakan salah satu Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten di Propinsi DIY  dengan luas wilayah 574,82 km² atau 18.% dari  luas wilayah Propinsi DIY 3.185,80.  Secara geografis Kabupaten Sleman terletak pada posisi 110 º, 33’ 00’’ dan 110 º13’ 00’ BT dan 7 º 34’ 51 dan 7º 47’ 30’’ LS dengan jarak terjauh  Utara – Selatan  32 km , Timur  – Barat  35 km . Batas-batas wilayah Kabupaten Sleman meliputi ;

  • Sebelah Utara : Kabupaten Boyolali (Jawa Tengah)
  • Sebelah Selatan : Kabupaten Bantul , Kabupaten Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta (DIY)
  • Sebelah Barat : Kabupaten Kulon Progo (DIY) dan Kabupaten Magelang (Jawa Tengah)
  • Sebelah Timur : Kabupaten Klaten (Jawa Tengah)

Peta Wilayah Kerja Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman

UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mempunyai wilayah kerja  dalam 17 Kecamatan yang terdiri dari 86 desa dan  25 Puskesmas dengan 1.530 posyandu.