KESEHATAN

Survey Akreditasi oleh KALK

Kegiatan survei Akreditasi KALK di UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman guna memperoleh Akreditasi Laboratorium Kesehatan oleh para surveior yang dilaksanakan selama tiga hari pada Kamis-Sabtu, 24-26 Oktober 2019 diketuai oleh dr. Sri Laning D, SpPK yang di damping oleh dr. Puguh Sulistiyono Budi, M. Kes dan dr. Dewi Masyitah, SpPark. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Joko Hastaryo, M. Kes, berkenan untuk membuka acara dan memberikan pengarahan serta motivasi pelaksanaan Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Joko Hastaryo, M. Kes. membuka acara dan memberikan pengarahan serta motivasi pelaksanaan Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

Standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 298 tahun 2008 tentang Pedoman Akreditasi Laboratorium Kesehatan. Standar-standar penilaian tersebut terdiri dari, Tujuan, Administrasi dan pengelolaan, Staf dan Pimpinan, Fasilitasi dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur Mutu Pelayanan, Pengembangan SDM dan Program Pendidikan, Serta Evaluasi dan Pengendalian Mutu. KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) memiliki 7 (tujuh) standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

Dalam kunjungan survei tersebut, para surveior melakukan beberapa tinjauan guna melibatkan pemenuhan standar untuk penilaian dokumen self assessment dan melakukan pembinaan pasca survey guna membantu Laboratorium yang mengajukan akreditasi agar mampu meningkatkan mutu dan layanan laboratorium kesehatannya. Kegiatan survei selama tiga hari tersebut yaitu dengan melihat kesesuaian standar dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan untuk mendapatkan hasil akreditasi secara penuh.

Kegiatan survey Akreditasi KALK 24-26 Oktober 2019 di UPTD Labkes Sleman

Untuk menjaga mutu pelayanan, akreditasi menjadi satu hal yang sangat penting bagi Laboratorium Kesehatan. UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman berusaha terus meningkatkan mutu pelayanan terbaiknya pada setiap pengujian yang dilakukan, sehingga mampu memberikan jaminan pelayanan yang terstandarisasi. Dengan memiliki standar pelayanan yang bermutu diharapkan mampu meningkatkan citra Laboratorium dan menghasilkan kepuasan pelanggan.